Tips Cara Beriklan Di FB dan IG


Saat ini facebook, kita sebut “FB” aja ya, sudah masuk dalam kehidupan kita sehari hari sangat jauh dan dalam. Bisa dipastikan, remaja, dewasa dan orang tua memiliki akun FB yang mereka selalu melihatnya setiap hari ditambah lagi Instagram (IG) telah dibeli oeh Facebook sehingga ketika sharing lokasi dan status bisa terkirim di FB dan IG pada saat bersamaan.

Fenomena ini merupakan angina segar bagi pelaku usaha yang bisnis nya ingin mendapatkan omset besar dan pelanggan yang banyak bisa memanfaatkan FB dan IG.

Berikut tips dan cara promosi yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan penjualan di FB dan IG.

Sebagai pelaku usaha di wajibkan mengetahui cara promosi di FB (khususnya pada kesempatan ini) dan media sosial lainnya. Ada beberapa cara yang akan paparkan pada kesempatan kali ini dan semoga menjadikan usaha anda berkembang serta di kenal oleh khalayak ramai lainnya. Sebelum kita bicara teknisnya, secara global, Facebook kini memiliki 1,28 miliar pengguna aktif setiap bulan. Selain Indonesia, India dan Brasil juga merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi. Dari jumlah tersebut, 34 persen di antaranya mengakses FB dari perangkat bergerak.

Secara khusus, jumlah seluruh pengguna FB yang ada di Indonesia kini mencapai 69 juta orang. Pernyataan resmi di atas dikeluarkan oleh kepala Facebook Indonesia, Anand Tilak, seperti dikutip VentureBeat. Padahal, enam bulan sebelumnya, jumlah pengguna Facebook di Indonesia cuma 65 juta orang. Ini artinya ada kenaikan sekitar 6%.

Indonesia diakui sebagai salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Akan tetapiironisnya, meski jumlah penggunanya terus berkembang banyak, akses orang terhadap Internet masih minim. Lembaga riset Nielsen mencatat, dari 240 juta penduduk Indonesia, hanya 23% yang memiliki telepon seluler pintar (Smartphone) yang bisa digunakan untuk membuka FB.
Promosi di FB itu sangat penting untuk mengembangkan usaha. Oke, langsung saja kita bahas cara promosinya :


1.      Update Status

Cara promosi di facebook yang pertama ialah update status, disini anda bisa melakukannya dengan akun pribadi atau akun khusus nama merk yang ingin di jual, tapi saya tidak mempermasalahkan ini karena yang terpenting adalah audience atau teman-teman anda di facebook sesuai target yang akan melihat status (jualan) yang anda tulis.
Anda bisa dengan aliran hard selling ataupun  soft selling, karena masing-masing ada kelebihannya dan tidak salahnya menggabungkan, yang terpenting adalah terjadi penjualan/closing. Disini tidak sembarang teman yang kita add, tapi adalah teman-teman yang sesuai target market dan memang aktif di facebook, caranya berlanjut di bawah.

2.      Mencari Teman Sesuai Target

Cara promosi di FB yang ke dua ialah mencari teman sesuai target, mengapa? Ini dari strategi lanjutan yang di atas yaitu “update status”. Perlu di perhatikan sekali lagi, bahwasanya ketika kita menulis status (jualan) maka yang akan melihat adalah teman-teman facebook, untuk itulah perlunya mencari teman yang sesuai target market apa yang akan kita jual.
Langkah pertama ialah mencari fanspage ataupun grup yang berkaitan dengan apa yang ingin di jual, cara mencarinya di tab pencarian FB

Mengapa kita me add hanya bagian like atau share saja? Padahal yang me like fanspage itu sampai 112.860 likes. Karena tidak semua yang me like fanspage itu aktif di facebook, untuk itulah kita hanya me add yang me like dan me share status, karena mereka pasti aktif dan pecinta sejati klub juventus tersebut.
Jika kita telah mendapat teman yang tertarget dan aktif maka update status yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Perlu diperhatikan, bahwasanya itu hanya contoh dari penjual jersey juventus. Jika anda menjual tas-tas, anda bisa mencari fanspage ataupun grup yang berkaitan dengan jualan anda walaupun itu saingan.

NB: Jangan terlalu banyak me add teman, max 15 orang perhari. Karena akan di blokir facebook untuk meminta pertemanan jika terlalu banyak kita melakukan aktivitas tersebut.

3.      Meningkatkan EdgeRank

Cara promosi di facebook yang ketiga adalah meningkatkan edgerank, intinya ialah agar setiap postingan itu terlihat di news feed atau home semua teman FB anda walaupun 10 atau 15 jam yang lalu anda postingnya. Jika teman FB anda ada 2500, maka teman yang 2500 itu akan melihat semua. Diantara anda mungkin pernah berpikir mengapa tidak semua postingan teman anda terlihat di facebook? Itu karena edgerank yang rendah.
Kali ini saya tidak membahas panjang lebar mengenai edgerank, tetapi bagaimana CARA nya agar terlihat semua postingan kita.

A. Rutin Memposting
Ketika kita rutin memposting, maka teman-teman yang kita target tersebut akan melihat terus dan pastinya mereka akan suka, karena kita telah memposting hal yang menarik tentunya. Dari contoh diatas, kita mentarget para pecinta klub Juventus dan menjual jersey.

B. Sertakan Foto/Video/Link
Menyertakan unsur-unsur di atas ialah berguna untuk menarik perhatian teman-teman kita supaya mereka meklik foto/video/link yang kita posting kan. Tapi perlu di perhatikan poin yang tertinggi ialah yang di dapat dari urutan pertama foto, kedua video, dan ke tiga link. Maka di usahakan setiap postingan anda melampirkan foto.

C. Dapatkan share, coment, dan like
Setelah 2 cara meningkatkan edgerank telah anda lakukan, maka langkah terkahir adalah dapatkan sebanyak-banyaknya share, coment, dan like. Point ini adalah inti untuk mendapatkan edgerank tinggi, maka usahakan aktif dan jawab setiap pertanyaan (jika ada), ini akan menyebabkan efek viral yang menjadikan tersebar postingan.

Mau Konsultasi, Hubungi : KAMI
Share on Google Plus

About CV KLIKA

CV.KLIKA Memberikan Total Solusi Dalam Bidang Advertising dan Promosi "CV.KLIKA" Informasi klik aja www.klikA.co.id