Saat ini facebook, kita sebut “FB” aja ya, sudah masuk dalam
kehidupan kita sehari hari sangat jauh dan dalam. Bisa dipastikan, remaja, dewasa dan orang tua
memiliki akun FB yang mereka selalu melihatnya setiap hari ditambah lagi Instagram
(IG) telah dibeli oeh Facebook sehingga ketika sharing
lokasi dan status bisa terkirim di FB dan IG pada saat bersamaan.
Fenomena ini merupakan angina segar bagi pelaku usaha yang
bisnis nya ingin mendapatkan omset besar dan pelanggan yang banyak bisa
memanfaatkan FB dan IG.
Berikut tips dan cara promosi yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan
penjualan di FB dan IG.
Sebagai pelaku usaha di wajibkan mengetahui cara promosi di FB (khususnya pada kesempatan ini) dan media sosial
lainnya. Ada beberapa cara yang akan paparkan pada kesempatan kali ini dan
semoga menjadikan usaha anda berkembang serta di kenal oleh khalayak ramai
lainnya. Sebelum kita bicara teknisnya, secara global, Facebook kini memiliki
1,28 miliar pengguna aktif setiap bulan. Selain Indonesia, India dan Brasil
juga merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi. Dari
jumlah tersebut, 34 persen di antaranya mengakses FB dari perangkat
bergerak.
Secara khusus, jumlah
seluruh pengguna FB yang ada di Indonesia kini mencapai 69 juta orang.
Pernyataan resmi di atas dikeluarkan oleh kepala Facebook Indonesia, Anand
Tilak, seperti dikutip VentureBeat.
Padahal, enam bulan sebelumnya, jumlah pengguna Facebook di Indonesia cuma 65
juta orang. Ini artinya ada kenaikan sekitar 6%.
Indonesia diakui sebagai
salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Akan tetapiironisnya, meski jumlah
penggunanya terus berkembang banyak, akses orang terhadap Internet masih minim.
Lembaga riset Nielsen mencatat, dari 240 juta penduduk Indonesia, hanya 23%
yang memiliki telepon seluler pintar (Smartphone)
yang bisa digunakan untuk membuka FB.
Promosi di FB itu sangat penting untuk
mengembangkan usaha. Oke, langsung saja kita bahas cara promosinya :
1.
Update Status
Cara promosi di facebook yang pertama ialah update
status, disini anda bisa melakukannya dengan akun pribadi atau akun khusus nama
merk yang ingin di jual, tapi saya tidak mempermasalahkan ini karena yang
terpenting adalah audience atau teman-teman anda di facebook sesuai target yang
akan melihat status (jualan) yang anda tulis.
Anda bisa dengan aliran hard selling ataupun soft selling, karena masing-masing ada
kelebihannya dan tidak salahnya menggabungkan, yang terpenting adalah terjadi
penjualan/closing. Disini tidak sembarang teman yang kita add, tapi adalah
teman-teman yang sesuai target market dan memang aktif di facebook, caranya
berlanjut di bawah.
2.
Mencari Teman Sesuai Target
Cara promosi di FB yang ke dua ialah mencari
teman sesuai target, mengapa? Ini dari strategi lanjutan yang di atas yaitu
“update status”. Perlu di perhatikan sekali lagi, bahwasanya ketika kita
menulis status (jualan) maka yang akan melihat adalah teman-teman facebook,
untuk itulah perlunya mencari teman yang sesuai target market apa yang akan
kita jual.
Langkah pertama ialah mencari fanspage ataupun grup
yang berkaitan dengan apa yang ingin di jual, cara mencarinya di tab pencarian
FB
Mengapa kita me add hanya bagian like atau share
saja? Padahal yang me like fanspage itu sampai 112.860 likes. Karena tidak
semua yang me like fanspage itu aktif di facebook, untuk itulah kita hanya me
add yang me like dan me share status, karena mereka pasti aktif dan pecinta
sejati klub juventus tersebut.
Jika kita telah mendapat teman yang tertarget dan
aktif maka update status yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Perlu
diperhatikan, bahwasanya itu hanya contoh dari penjual jersey juventus. Jika
anda menjual tas-tas, anda bisa mencari fanspage ataupun grup yang berkaitan
dengan jualan anda walaupun itu saingan.
NB: Jangan terlalu banyak me add teman, max 15
orang perhari. Karena akan di blokir facebook untuk meminta pertemanan jika
terlalu banyak kita melakukan aktivitas tersebut.
3.
Meningkatkan EdgeRank
Cara promosi di facebook yang ketiga adalah
meningkatkan edgerank, intinya ialah agar setiap postingan itu terlihat di news
feed atau home semua teman FB anda walaupun 10 atau 15 jam yang lalu anda
postingnya. Jika teman FB anda ada 2500, maka teman yang 2500 itu akan melihat
semua. Diantara anda mungkin pernah berpikir mengapa tidak semua postingan
teman anda terlihat di facebook? Itu karena edgerank yang rendah.
Kali ini saya tidak membahas panjang lebar mengenai
edgerank, tetapi bagaimana CARA nya agar terlihat semua postingan kita.
A. Rutin Memposting
Ketika kita rutin memposting, maka teman-teman yang
kita target tersebut akan melihat terus dan pastinya mereka akan suka, karena
kita telah memposting hal yang menarik tentunya. Dari contoh diatas, kita
mentarget para pecinta klub Juventus dan menjual jersey.
B. Sertakan Foto/Video/Link
Menyertakan unsur-unsur di atas ialah berguna untuk
menarik perhatian teman-teman kita supaya mereka meklik foto/video/link yang
kita posting kan. Tapi perlu di perhatikan poin yang tertinggi ialah yang di
dapat dari urutan pertama foto, kedua video, dan ke tiga link. Maka di usahakan
setiap postingan anda melampirkan foto.
C. Dapatkan share, coment, dan like
Setelah 2 cara meningkatkan edgerank telah anda
lakukan, maka langkah terkahir adalah dapatkan sebanyak-banyaknya share,
coment, dan like. Point ini adalah inti untuk mendapatkan edgerank tinggi, maka
usahakan aktif dan jawab setiap pertanyaan (jika ada), ini akan menyebabkan
efek viral yang menjadikan tersebar postingan.
Mau Konsultasi, Hubungi : KAMI
Mau Konsultasi, Hubungi : KAMI